Prologue

Seperti pernah diramalkan futurolog (pengamat masa depan) John Naisbitt dan Patricia Burdence dalam bukunya yang spektakuler "Megatrends 2000", industri pariwisata akan menjadi idola dunia. Jadi, sangat beralasan bila pemerintah Indonesia menganakemaskan pariwisata selama dekade 90-an ini. Karena sektor ini sangat efektif untuk menjadi alat pemerataan sosial ekonomi. Mata rantainya panjang, dari jasa transportasi, akomodasi, seni pertunjukan, restoran, kerajinan, biro perjalanan, jasa guiding, dsb.
Prospeknyapun semakin jelas, karena masyarakat Barat sebagai pangsa pasar yang potensial semakin panjang masa liburnya, lebih cepat pensiunnya :) dan terus meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Konsekuensinya kunjungan mereka ke daerah tropis terus melonjak. Bahkan pemerintah Jepang menganjurkan warganya untuk berkunjung ke luar negeri setahun sekali.
Blog ini tidak terlepas dari motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan sektor pariwisata terutama dari aspek sumber daya manusia, khususnya tour guide. Karena, apapun alasannya untuk mencapai suatu keberhasilan, manusia lebih penting dari pada sarana dan prasarananya.
Pepatah bilang "man behind the gun is more important than the gun itself".

0 Comments:

© 2009 copyright Indonesia Tourism | AboutMe | Privacy Policy